Menanamkan Kebiasaan Menabung Pada Anak

Edukasi183 Dilihat

Menabung adalah kebiasàan yang sangat baik jika dilakukan oleh semua orang,karena kebutuhan mendesak dan mendadak terkadang datang secara tiba tiba tanpa kita rencanakan.tetapi jika kita mempunyai tabungan maka tidak akan kebingungan jika ada sesuatu yang sangat mendesak terutama dalam hal ekonomi.

Harga kebutuhan pokok yang naik turunnya tidak terduga juga berdampak pada pengeluaran kebutuhan dapur,secara otomatis maka akan berpengaruh juga terhadap kepemilikan uang keluarga.

Oleh sebab itu menabung adalah salah satu strategi cerdas mensiasati kebingungan uang dalam keluarga,karena uang tabungan berasal dari menyisihkan kembalian pembelian product kebutuhan keluarga.

Bagi Kawan kawan alumni kampus yang sudah mempunyai anak,kali ini akan kami berikan tips menabung kepada anak sejak kecil….

1.Buatkan Celengan

Celengan atau tempat menabung uang adalah alat yang paling mudah untuk mengenalkan anak tentang menyimpan uang, belikan celengan dengan motif kesayangan anak bisa berupa gambar tokoh film cartoon,binatang kesayangan.atau tema mainan yang paling disukai.

Jelaskan fungsi celengan kepada anak dengan bahasa yang menarik agar ketertarikan anak tentang menabung semakin tinggi,misalnya dengan menyelipkan cerita menabung ditengah kisah film yang paling diminati anak.

2. Berikan Contoh Menabung

Orang tua harus memberi contoh secara nyata kepada anak tentang manfaat  menabung,misalnya bersama sama memasukkan uang dalam tabungan,membiasakan anak memasukkan uang kembalian membeli jajan ke dalam celengan dan lain sebagainya.

Dengan begitu anak akan terbiasa melakukan hal yang sama dengan orang tuanya,terus lakukan pelatihan menabung kepada anak sampai anak terbiasa dengan menabung uang sisa uang saku sekolah.

3. Jangan Terlalu di Manja

Terkadang menjadi orang tua harus sedikit ketat dalam mengontrol apa yang di inginkan anak,jika yang di inginkan anak tidak terlalu di butuhkan maka orang tua bisa menolak keinginan anak dengan mengganti uang dengan syarat uang yang diberikan tadi harus di masukkan dalam tabungan.

Selain membiasakan anak biar tidak manja,hikmah yang bisa diambil adalah anak diajari berhemat sejak usia dini agar kelak sesudah besar nanti menjadi orang yang pandai bersyukur.

4. Ajarkan Disiplin

Selain disiplin dalam pelajaran dan sekolah,anak juga perlu dibiasakan disiplin dalam menabung uang,tujuannya adalah menumbuhkan kebiasaan menabung anak.

Disiplin yang kedua adalah ajarkan membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak boros dan mencegah konsumerisme sejak dini,karena bahaya konsumerisme adalah bisa menciptakan keinginan yang melebihi kemampuan ekonomi yang berakibat buruk terhadap masa depan keluarga kelak.

5. Membeli Dengan Hasil Tabungan

Setelah tabungan dirasa banyak dan cukup untuk membeli apa yang diinginkan oleh anak,maka ini menjadi pelajaran inti dalam mengajari anak menabung,ajarkan pada anak bahwa apa yang diinginkan bisa dibeli sendiri tanpa meminta kepada orang tua dengan menabung.

Tentu anak akan lebih semangat lagi menyisihkan uangnya untuk menabung dan membeli apa yang menjadi keinginannya, pada saat membongkar hasil tabungan inilah juga merupakan saat yang tepat bagi orang tua dalam menjelaskan secara nyata tentang hikmah dan manfaat menabung kepada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *