Manfaat Silaturahmi Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Berita, Budaya434 Dilihat

Silaturahmi merupakan kunci kesuksesan bagi manusia,karena dengan silaturahmi maka secara tidak langsung kita membuka pintu komunikasi dengan orang lain,tema komunikasi itu bisa berupa sosial,ekonomi,politik dan budaya dan lain lain.

Silaturahmi mempunyai predikat yang berbeda jika di lakukan di ruang politik,padahal pada hakikatnya sama yakni membuka ruang interaksi dengan orang lain.

Dalam dunia politik silaturahmi di identikkan dengan safari yang dalam pelaksanaannya berupa berkunjung dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya untuk menciptakan diplomasi politik agar kepentingan politiknya berjalan lancar.

Banyaknya predikat silaturahmi tidak mempengaruhi makna harfiah dari silaturahmi itu sendiri,yakni interaksi personal atau komunal dengan cara komunikasi dengan maksud dan tujuan tertentu.

Ada beberapa manfaat dari silaturahmi yang didapatkan ketika sedang menjalin silaturahmi diantaranya :

1. Terciptanya Kerukunan dan Keharmonisan

Berdasarkan dari perspektif agama,silaturahmi dapat menambah kedekatan umat dengan Allah SWT yang berdampak langsung kepada keharmonisan dan kerukunan antar sesama manusia.

Keinginan bersama untuk saling memaafkan dengan cara silaturahmi menciptakan hubungan semakin dinamis dan harmonis,karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna tanpa ada kesalahan atau kekeliruan sedikitpun,maka atas dasar itulah seseorang akan tersadar untuk saling meminta dan memberi maaf.

2. Panjang Umur dan Banyak Rezeki

Manfaat silaturahmi adalah memperpanjang umur seseorang dan diyakini bisa menambah rejeki,manfaat ini sangat logis karena muatan komunikasi tentunya tidak akan monoton tertapi terdapat Senda gurau untuk mencairkan suasana agar tidak tegang.

Rezeki tidak dapat ditebak dari mana arah dan bentuknya,tetapi dengan melakukan silaturahmi maka komunikasi akan terbuka lebar jika muatan pembicaraan berisi tema rezeki.

Misalnya ada kerabat yang menjadi tempat silaturahmi,tetapi secara tidak sadar dilingkungan tersebut membutuhkan bahan atau benda yang tidak dapat diakses secara mudah,sedangkan anda mempunyai relasi bisnis terkait barang atau bahan yang dibutuhkan,maka secara tidak langsung rezeki terbuka pada saat silaturahmi dilaksanakan.

3. Menghibur Kerabat

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya,oleh sebab itu orang yang kaya sekalipun akan tetap membutuhkan orang lain untuk dijadikan partner diberbagai bidang.

Tetapi sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa,manusia yang paling bermanfaat adalah manusia yang bisa membahagiakan manusia lainnya.

Dengan silaturahmi kita bisa mengetahui kondisi sosial dan psikologis kawan atau kerabat yang kita kunjungi,jika kebetulan kita berkunjung kepada kawan yang sedang bersedih,maka disitulah kesempatan untuk menciptakan pahala yang sebesar besarnya dengan cara menghibur suasana hati yang sedih agar berubah menjadi bahagia agar fikirannya kembali segar dan menemukan solusi dari permasalahan yangvsedang dihadapi.

4. Membuka Cakrawala Ilmu dan Hikmah Hidup

Salah satu tujuan Silaturahmi adalah bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang dengan latar belakang serta posisi sosial dan ekonomi yang sangat majemuk.

Disaat itulah komunikasi tentang ide ide baru akan tercipta dan secara otomatis akan menambah cakrawala ilmu pengetahuan yang kita miliki baik secara langsung ataupun tersirat.

Hikmah yang bisa diambil dari pelajaran tersebut adalah kita akan semakin dewasa dalam bersikap,empati dan mengatasi segala permasalahan dengan bijaksana dengan manajemen resiko yang paling rendah.

5. Meningkatkan Daya Ingat dan Tingkat Adaptas

Silaturahmi dapat meningkatkan daya ingat kita tentang hal hal lama yang pernah kita lewati,sehingga dapat mencegah kegagalan yang pernah dilakukan tanpa kita sadari.

Komunikasi akan melibatkan beberapa persen tentang cerita masa lalu sebagai bentuk nostalgia dan kembang silaturahmi,secara tidak langsung fikiran kita akan digiring memasuki dimensi masa lalu yang negatif atau positif dengan berbagai bentuk perilaku masa lalu kita.

Semakin banyak silaturahmi maka kemampuan adaptasi kita dengan lingkungan yang baru akan cepat tercapai,karena komunikasi adalah senjata utama untuk memasuki dan interaksi dengan hal hal yang baru,semakin banyak silaturahmi maka kemampuan komunikasi kita akan berkembang karena terasah secara tidak langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *