5 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Utara yang Mempesona

Pariwisata134 Dilihat

5 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Utara yang Mempesona – Sumatera Utara memang sudah dikenal sebagai salah satu provinsi dengan banyak objek wisata alam yang sangat mempesona.

Beragam pesona bisa ditemukan saat menjelajahi lokasi wisata alam Sumatera Utara. Mari cari tahu mana saja tempat wisata alam di sana yang paling direkomendasikan. Berikut adalah 5 lokasi wisata alam Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi saat anda liburan.

  • Taman Nasional Gunung Leuser

Destinasi wisata alam Sumatera Utara pertama yaitu Taman Nasional Gunung Leuser yang menawarkan keindahan alam luar biasa.

Tempat ini dibuka sebagai objek wisata untuk para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah, banyak juga jenis aktivitas yang bisa dilakukan.

Pengunjung bisa mendaki gunung atau melakukan trekking di area tersebut. Selain itu, pengunjung juga berkesempatan untuk berjumpa dan berinteraksi langsung dengan aneka satwa. Di sana juga ada guide yang siap memandu perjalanan menjelajahi area taman nasional tersebut.

Ada fakta menarik yang perlu diketahui tentang tempat ini. Lokasi objek wisata tersebut ternyata melintasi 2 provinsi yaitu Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam sehingga memungkinkan pengunjung melintasi alam antar provinsi di sana.

  • Danau Toba

Destinasi wisata alam Sumatera Utara kedua yaitu Danau Toba. Siapa tidak mengenal objek wisata Danau Toba? Tempat ini sangat populer, salah satunya karena ada cerita legenda tentang lokasi tersebut yang dikisahkan banyak orang. Bahkan anak-anak pun pasti tahu tentang Danau Toba.

Danau ini terbentuk karena adanya letusan gunung berapi berabad-abad silam. Sebagai ikon dari Sumatera Utara, danau ini selalu menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan. Ada banyak sekali tempat menginap di sekitar danau dan pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

Menariknya lagi, di sekitar Danau Toba ini ada banyak objek wisata alam lain yang wajib dikunjungi. Salah satunya ada Simarjarunjung yaitu sebuah bukit yang sangat indah. Jika bisa mendaki bukit tersebut, maka pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa.

  • Pulau Samosir

Berkunjung ke Danau Toba tak akan terasa lengkap jika tidak menyambangi Pulau Samosir. Pulau ini berada di tengah-tengah Danau Toba. Pengunjung bisa menaiki kapal untuk mencapai lokasi pulau tersebut.

Di pulau ini, pengunjung akan terpesona karena panorama alam yang luar biasa indah. Tidak hanya itu, kebudayaan masyarakat di pulau ini masih begitu kental. Pengunjung bisa melihat langsung bagaimana keunikan budaya masyarakat di sana.

Saat mengunjungi Pulau Samosir, jangan sampai melewatkan keindahan Danau Sidihoni. Danau ini disebut unik karena merupakan danau yang ada di atas danau. Di sana pemandangannya sangat indah, banyak pohon-pohon pinus, dan udaranya yang masih terasa sangat segar.

  • Air Terjun Sibolangit

Pencinta wisata alam juga pasti tidak akan melewatkan tempat yang satu ini. Di Sumatera Utara terdapat sebuah kabupaten bernama Deli Serdang. Di kabupaten tersebut terdapat air terjun yang sangat indah. Masyarakat menyebutnya Air Terjun Sibolangit yang terletak di dalam hutan Sibolangit.

Untuk menikmati pemandangan indah dari air terjun ini, pengunjung harus berjuang terlebih dahulu. Sesampainya di hutan Sibolangit, pengunjung harus berjalan kaki melintasi hutan. Tenang saja, ada petunjuk jalan dan pemandu yang siap membantu.

Objek wisata alam di Sumatera Utara yang satu ini memang cocok sekali dikunjungi oleh pecinta alam. Untuk mencapainya saja dibutuhkan effort yang luar biasa. Namun sepadan dengan pemandangan yang begitu indah sesampainya di sana.

  • Cagar Alam Sibolangit

Dan destinasi wisata alam Sumatera Utara terakhir yaitu Cagar Alam Sibolangit. Setelah menjelajahi hutan Sibolangit tadi, tidak ada salahnya untuk mampir juga ke Cagar Alam Sibolangit. Area wisata ini terletak 500 m di atas permukaan laut. Panorama alamnya sangat indah dilengkapi dengan udara yang masih begitu sejuk.

Cagar alam ini sering dijadikan sebagai area perkemahan. Tempatnya memang sangat asri dan alami. Pencinta alam pasti akan merasa sangat senang jika harus menghabiskan banyak waktu bersantai di sana.

Itulah beberapa destinasi wisata alam Sumatera Utara yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Pesona wisata alam di Sumatera Utara memang begitu banyak dan seolah tidak ada habisnya.

Provinsi ini bisa jadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi oleh para pencinta alam. Apalagi jika tujuan traveling adalah untuk melepas penat dan menghilangkan stres karena kesibukan.

Melakukan perjalanan wisata merupakan salah satu hal yang harus senantiasa untuk dilakukan. Terutama bagi orang-orang yang sering menghabiskan banyak waktunya selama seharian penuh untuk bekerja. Pikiran tentu akan terasa jenuh dan cara yang paling efektif untuk bisa menghilangkan rasa jenuh tersebut adalah dengan liburan.

Karena dengan liburanlah pikiran akan menjadi lebih segar kembali. Untuk bisa melakukan perjalanan liburan juga tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya kapan saja, baik pada saat hari biasa maupun pada saat musim liburan telah tiba. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikunjungi.

Mungkin Anda bisa memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata terdekat yang ada di daerah Anda. Karena biasanya pasti ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Dengan demikian, nantinya Anda bisa lebih menghemat untuk soal biaya pada saat akan melakukan liburan, contohnya biaya transportasi.

Karena pastinya liburan itu membutuhkan yang namanya biaya. Sudah sepantasnya Anda dapat melakukan pertimbangan dengan sebaik mungkin sebelum akan melakukan liburan. Memang liburan itu penting untuk dilakukan. Namun tetap saja Anda harus memikirkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisa melakukan liburan.

Jangan sampai aktivitas liburan yang dilakukan justru malah memperburuk kondisi keuangan. Karena tujuan utama dari liburan adalah untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang dan bukan malah sebaliknya. Jika Anda memang ingin moment liburan yang dilakukan terasa lebih bermakna, coba rencanakan mulai sedini mungkin.

Untuk melakukannya, Anda mungkin bisa mengajak keluarga atau anak bagi yang sudah menikah atau mengajak pasangan untuk berlibur bersama bagi yang masih menjalin hubungan. Mengajak orang-orang tercinta pada saat liburan tentunya akan memberikan kesan yang sangat luar biasa dan akan menjadi moment yang tidak akan pernah terlupakan.

Jika Anda bingung mengajak keluarga liburan kemana, mungkin beberapa rekomendasi tempat wisata yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Memang masih ada banyak lagi destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Namun untuk garis besarnya, mungkin tempat wisata yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi pilihan.

Namun perlu diingat bahwa Anda tetap harus senantiasa memperhitungkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan pada saat akan liburan. Terutama bagi Anda yang ingin liburan bersama dengan keluarga tercinta.

Tentu biaya yang harus dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan dengan liburan sendiran. Ini merupakan hal yang sangat penting agar kondisi keuangan bisa tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *