10 Makanan Khas Pulau Bali

Kuliner200 Dilihat

Pulau Bali sangat terkenal dengan wisatanya, Tapi kita juga jangan lewatkan aneka kuliner khas pulau bali, masakkan pulau bali memiliki ketertarikan para wisatawan tersendiri, dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan pedas inilah yang menjadikan makanan-makananan khas pulau bali, makanan khas bali ini bisa ditemukan direstoran, pasar tradisional, maupun pedagang makanan pinggir jalan, bahkan restoran terkenal, Dan Inilah 10 Makanan Khas Pulau Bali.

1. Ayam Betutu

Banyak kalangan yang pernah mendengar tentang ayam betutu? Jangan lewatkan menu yang satu ini,makanan inilah yang menjadi icon makanan khas Pulau Bali.

Jika kamu suka makanan-makanan yang pedas dan inilah ayam betutu makanan yang bisa kamu nikmati keistimewaannya yang berlimpah bumbu rempah-rempah dengan tekstur pedas inilah yang bikin kamu bakal ketagihan!

Kamu akan mengetahui cara bagaimana ayam betutu ini diolah. uniknya! bumbu-bumbu tersebut dimasukkan kedalam perut ayam kampung,dan dagingnya dibungkus dengan daun pisang selanjutnya dipanggang dengan bara api, pemanggangan ini mamakan waktu sampai 24 jam, agar dapat menghasilkan rasa yang nikmat, gurih, lembut dan pedas.

2. Sate Lilit

Sate Lilit ini berbeda dengan sate yang pada umumnya, Sate Lilit ini dibuat dengan daging yang dicincang halus dan diracik dengan bumbu bali, dan kemudian dililitkan dibatang daun serai dan bisa juga pakai tangkai bambu. Membawakan cita rasa yang dijamin nikmat, empuk dan gurih, apalagi Sate Lillit ini menggunakan batang daun serai, akan menghasilkan bau wangi dan sedap pada sate lilit khas Pulau Bali.

Sate Lilit ini menggunakan daging ayam, babi ataupun ikan tengiri, yang menjadi primadona Sate Lilit Pulau Bali ini adalah Sate Lilit ikan tengiri.

3. Lawar Kuwir

Makanan Lawar Kuwir ini terdiri dari sayur-sayuran yang dicampur dengan daging cincang dan diracik menggunakan bumbu khas Pulau Bali

Lawar Kuwir ini diolah biasanya memakai campuran dading babi! Bebek entog juga menjadi daging yang difavoritkan oleh masyarakat bali, Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampurkan dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kepala yang sudah dicampur bumbu Bali.

Penyajian makanan Lawar Kuwir ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat, sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu, dan semangkok jukut ares ( sayur batang pisang ).

4. Babi Gulin9

Perlu kita ketahui makanan yang satu ini tidak halal dikomsumsi, Terutama penganut agama islam dilarang memakan makanan yang haram dan tidak halal, Meski begitu banyak masyarakat bali dan wisatawan lokal yang menyukai makanan ini.

Babi Guling dengan warnanya yang kecoklatan, dagingnya yang empuk dan kaya rempah-rempah inilah membawa cita rasa yang nikmat, apalagi disajikan dengan nasi putih hangat bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares, akan membawa kenikmatan tersendiri.

5. Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali terdiri dari Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam, bisa disantap dengan nasi putih hangat dengan dicampur sambel matah dam sambel embe khas bali, hemmmmmmm… Pasti ketagihan!

Menu makanan ini dapat ditemukan disetiap rumah makan dibali, dan banyak juga bervariasi aneka lauk yang disajikan buat pendamping Nasi Campur Ayam Bali.

6. Rujak Kuah Pindang Dan Rujak Bulung

Yang belum pernah dengar atau mencoba Rujak Kuah Pindang Dan Rujak Bulung, dibali kalian bisa mencoba kuliner ini, kuliner ini sangat unik rujak tapi dicampur dengan bumbu kuah ikan tuna.

Rujak Kuah Pindang Dan Rujak Bulung ini jika disantap terasa pedas dan segar, biasanya kebanyakan pengunjung suka dengan irisan mangga yang dicampur kuah pindang dan cabe super pedas, adapun yang tidak suka mangga bisa mengganti isiannya dengan berbagai macam buah dan enak juga dicampur dengan rumput laut.

7. Serombotan

Banyak orang dinegeri barat terkenal makanannya yang disebut dengan salad dan dijawa juga terkenal dengan sayur urapnya, makanan yang satu ini banyak masyarakat bali menyebutnya Serobotan, makanan khas klungkung ini cara penyajiannya dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare.

Banyak orang bali meracik makanan ini dengan bumbu yang namanya Kalas, yaitu semacam santan yang berisi campuran kunyit tumbuk, lengkus, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kencur. Agar lebih nikmatnya lagi orang bali biasanya menambahkan bumbu, seperti bumbu kacang dan bumbu pedas, agar menambah aroma yang sedap dan nikmat.

Makanan ini bisa ditemukan dipulau bali, lebih jelasnya lagi didaerah Klugkung, tetapi sekarang makanan ini mudah didapatkan diberbagai tempat yang ada diPulau Bali, khususnya dipasar-pasar tradisional maupun dirumah makan khas bali.

8. Tipat Blayag

Banyak orang mendengar makanan yang disebut dengan Tipat Cantok dibali, dan yang satu ini mungkin belum banyak kalangan yang mendengar makanan yang disebut Tipat Blayag makanan khas Buleleg.

Makanan Tipat Blayag ini berbentuk mirim dengan lontong yang dililit memanjang dengan janur muda dan juga bisa pakai daun enau muda, Tipat Blayag ini diolah dengan bumbu dari tepung beras dan memakai campuran bumbu asli khas bali, bumbu yang sudah diolah mirip santan ini sangat nikmat, apalagi dicampurkan dengan Tipat Blayag, sayur urap, ayam sisit, gorengan ceker ayam, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai, rasakan kenikmatannya ketika anda berkunjung keBali.

Menu makanan ini khas dari daerah Singaraja, makanan ini juga bisa ditemukan dibeberapa tempat diBali dirumah makan yang berlebel Singaraja, dan juga bisa ditemukan diseputaran kota Denpasar.

9. Nasi Jinggo

Bagi anda yang suka kuliner jangan lewatkan makanan yang satu ini Nasi Jinggo yang ada diBali, dengan harga murah anda jangan kwatirkan kehigienisannya dan kenikmatannya, Nasi Jinggo ini disajikan dengan dibungkus daun pisang dan sambalnya yang super pedas, Nasi Jinggo ini bisa dinikmati dengan bermacam lauk terdiri dari daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng.

Nasi Jinggo ini mempunya istilah Jinggo ( Jenggo ), konon masyarakat bali menyebut makanan ini dari istilah bahasa Hokkien Jeng Go yang mempunyai arti yaitu ( Serubu Lima Ratus ), Nasi Jinggo ini mulai populer dengan harga yang sangat murah Rp 1500, tetapi sekarang dijual dengan harga mulai dari Rp 3000-Rp 5000, makanan ini mudah ditemukan dan banyak pedagang yang menjualnya dipinggir-pinggir jalan diPulau bali.

10. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng ini adalah makanan khas dari daerah Gianyar, makanan ini disajikan dengan nasi diolah seperti bubur dengan racikan bumbu rempah-rempah khas Bali yang disiram diatas tepeng, makanan ini bisa juga dicampur dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Untuk melengkapi Nasi Tepeng ini juga ada beberapa lauk seperti telur, dan suwiran ayam gorang dan bisa dihidangkan memakai daun pisang sebagai pengganti piring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *